3 Tips Public Speaking untuk Mengelola Anak Buah

3 Tips Public Speaking untuk Mengelola Anak Buah

Memperbaiki kemampuan Public Speaking bisa membuat Anda menjadi manajer yang sukses.  

 

Di tempat kerja kemampuan public speaking biasanya dibutuhkan saat melakukan pertemuan tim, penjualan, presentasi dewan direksi, hingga mengelola bawahan. Sementara di luar pekerjaan, public speaking bisa bermanfaat dalam banyak hal, contohnya saat acara pernikahan ataupun pertemuan komunitas. Artikel ini akan membahas cara memperbaiki public speaking, Anda khususnya untuk mengelola anak buah.

Public Speaking untuk Memengaruhi Karyawan

Menjadi public speaker atau presenter yang efektif dapat memberikan potensi manfaat dalam berbagai aspek pekerjaan. Oleh karenanya, kita harus memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif.

Hal ini disebabkan komunikasi menjadi hal vital saat ini, apalagi bisnis dibangun berdasarkan komunikasi. Untuk mencapai pekerjaan impian bahkan mendapatkan kerja sama dalam bisnis, membuat grup presentasi di setiap kesempatan dapat menjadi tiket sukses perusahaan Anda.

  1. Kenali Audiensi Anda

Setiap pembicara yang baik harus memahami elemen public speaking ini yaitu mengenal betul audiensi Anda, dalam hal ini anak buah Anda dengan baik. Ketahui kebutuhan mereka sebagai karyawan, informasi apa yang ingin  mereka ketahui dari Anda yang akan bermanfaat secara langsung bagi mereka.

Perlu juga Anda ketahui bahwa di dalam public speaking, sama halnya saat Anda bergabung dalam sebuah percakapan, bahwa ada yang bisa disampaikan dan ada yang tidak, karena bila disampaikan justru akan menimbulkan potensi konflik.

  1. Persempit Topik

Banyak hal yang bisa Anda diskusikan dengan karyawan saat berkumpul bersama. Hanya saja tantangannya adalah saat berlangsunya team meeting, audiensi tidak banyak mencurahkan perhatian dan waktu mereka sepenuhnya. Jadi, Anda lebih baik membatasi topik pada 3 hal penting saja.

Selain anak buah Anda akan   pada Anda, mereka juga akan dengan senang hati mendengarkan presentasi Anda di pertemuan berikutnya. Jadi durasi pertemuan dengan anak buah cukup alokasikan 15-30 menit saja, bukan 2 jam seperti yang sering terjadi.

  1. Properti Pendukung Presentasi Anda

Anda bisa memilih cara terbaik untuk membuat audiensi lebih terlibat dalam diskusi  dengan menggunakan properti untuk mendukung presentasi Anda. Properti ini bisa meliputi variasi hal atau aktivitas. Sebagai contoh saat Anda mengajarkan software baru gunakan demonstrasi, statistik, atau gambar bahkan peralatan guna mendukung presentasi Anda agar lebih lancar.

Nah, itulah ke-3 tips yang bisa Anda terapkan saat melakukan public speaking untuk mengelola anak buah. Jika Anda ingin memiliki kemampuan public speaking yang mumpuni untuk mengelola karyawan dan aspek kerja lainnya, hubungi energipersona.com untuk mendapatkan pembelajaran yang cepat dan mudah serta profesional.

Leave a Reply