5 Tips agar Berani Tampil di Depan Umum

5 Tips agar Berani Tampil di Depan Umum

Berani tampil untuk presentasi atau public speaking di depan umum ternyata ada kiat-kita ampuhnya agar bisa  sukses.  

 

Berbicara di muka umum atau public speaking merupakan sebuah skill yang sangat bermanfaat bagi seorang manajer dan juga dalam kehidupan sehari-hari. Apakah Anda mengalami masalah saat tampil di depan umum? Public speaking atau presentasi di depan umum memang sering ditakutkan oleh banyak orang.

Namun, menjadi seorang presenter yang efektif menjadi hal yang penting dan kritikal  bagi siapapun juga, terutama yang memegang posisi kepemimpinan. Nah, berikut ini adalah tips dari para profesional atau ahli public speaking bagi Anda yang ingin bisa berani tampil di depan umum.

  1. Percaya Diri

Saat Anda melakukan presentasi di depan karyawan, Anda harus tampil dengan percaya diri. Manfaatkan rasa gugup untuk meningkatkan aliran darah dan kewaspadaan. Dengan demikian, dapat meningkatkan energi selama presentasi Anda.

  1. Memastikan Tujuan akhir

Sebelum memulai presentasi Anda, pastikan dengan jelas tujuan akhir dari presentasi Anda.  Apa yang ingin Anda selesaikan? Pengaruh apa yang Anda inginkan pada audiensi Anda? Apakah Anda ingin memberikan informasi, menginspirasi, atau bahkan membujuk? Dengan mengetahui tujuan utama dan hasil yang Anda inginkan, bisa membantu Anda untuk tetap fokus saat proses persiapan.

  1. Terkoneksi dengan Audiensi

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pembicara adalah mencoba membuktikan bahwa mereka terlihat pintar. Ingat bahwa sudah ada gap antara Anda sebagai pembicara yang lebih mumpuni dalam bidang Anda dibandingkan dengan audiensi. Mencoba mengesankan audiensi dengan intelektualitas Anda, sama artinya dengan menambah jarak dengan audeinsi sehingga terkesan arogan. Tugas Anda adalah menghilangkan jarak tersebut bukan memperlebarnya. Dengan menjadi humoris, riil, dan bisa didekati, akan lebih mudah bagi Anda untuk memenangkan audiensi. Semakin mereka terkoneksi dengan Anda, mereka akan lebih mudah memperhatikan apa yang Anda sampaikan.

  1. Sampaikan Pengalaman Pribadi (Storytelling)

Storytelling memudahkan audiensi untuk memanusiakan Anda sebagai seorang speaker dan membuat pesan Anda lebih diingat. Storytelling menjadi alat yang paling kuat bagi speaker. Sampaikan pengalaman hidup Anda dan audiensi akan mengingat dengan lebih mudah dan menikmati presentasi Anda dibandingkan jika Anda menyampaikan fakta dan grafik.

  1. Praktik, Praktik, dan Praktik

Dengan terus berlatih, akan membuat Anda semakin piawai tampil di depan publik. Namun, hal ini juga akan memperbaiki kepercayaan diri Anda. Mulailah belajar dari kelompok dan grup kecil dengan kolega Anda, sebelum membuat presentasi formal pada manajer atau pelanggan lain.

Nah, itulah ke-5 tips yang bisa Anda terapkan agar dapat berani tampil di depan umum. Jika Anda ingin belajar public speaking dan berani tampil di depan publik dengan percaya diri, Anda bisa menghubungi energipersona.com untuk mendapatkan pembelajaran dari para profesional.

Leave a Reply