Hubungan Public Speaking dengan Karier Anda

Hubungan Public Speaking dengan Karier Anda

Public speaking berhubungan erat dengan keberlangsungan karier Anda. Bagaimana dua hal ini bisa saling terkait?

 

Banyak orang merasa public speaking bukanlah keahlian mereka. Tidak sedikit orang merasa stres ketika harus berbicara di depan orang lain. Tanda tubuh ini menyatakan kegugupan Anda, seperti keringat dingin mengucur, suara bergetar, atau perut mendadak sakit.

Namun, kalau banyak orang takut berbicara di depan umum, bagaimana bisa keterampilan ini berhubungan dengan karier Anda? Berikut alasannya.

1.     Melatih kemampuan mendengarkan dan mau belajar

Berbicara di depan umum tidak melulu Anda menyampaikan gagasan tanpa henti. Mendengarkan orang lain adalah salah satu kemampuan yang juga Anda asah. Menyimak pendapat mereka membuat Anda punya bahan untuk berbicara kemudian. Jadi, Anda juga mempelajari sesuatu dari gagasan atau pertanyaan orang lain.

2.     Bicara lewat bahasa tubuh

Berbicara di depan umum juga mengandalkan bahasa tubuh dalam penyampaian pesan. Sekitar 80% proses komunikasi berlangsung non-verbal, sehingga bahasa tubuh yang tepat membuat Anda bisa terkoneksi langsung dengan audiens. Hal kecil tapi penting itu berpengaruh pada usaha Anda meyakinkan orang lain, seperti kontak mata, gerakan tangan, atau cara duduk/berdiri.

3.     Bisa dipelajari, bukan terberi

Kalau Anda merasa berbicara di depan umum hanya bisa dilakukan segelintir orang, anggapan itu salah besar. Public speaking bisa dipelajari, bukan suatu keterampilan terberi atau bawaan lahir. Anda hanya perlu menyisihkan waktu untuk melatih dan mengembangkan keterampilan ini, seperti dengan mengikuti peatihan.

4.     Membuat orang lain menyadari keberadaan Anda

Ketika Anda mampu menyampaikan pesan secara jelas, bahasa tubuh luwes, dan mudah mengutarakan gagasan, orang lain akan menyadari keberadaan Anda. Terampil berbicara di depan umum adalah cara mudah membuat karier Anda bersinar.

Keterampilan ini membuka kesempatan Anda berbagi ide, opini, atau argumen dengan orang lain. Mulai dari lingkup paling kecil, seperti rapat mingguan, presentasi di depan pimpinan, hingga pertemuan dengan klien penting.

Keempat alasan itu menjadikan public speaking penting dalam kesuksesan karier Anda. Saat orang lain melihat Anda, berbagai peluang terbuka lebar untuk diraih. Bukan tidak mungkin, berkat keahlian berbicara di depan umum, Anda mendapat promosi jabatan atau tawaran kerja sama menjanjikan.

Jika Anda ingin mengasah keterampilan ini, Energi Persona menyediakan program pengembangan sumber daya manusia dalam bentuk coaching, training, maupun workshop. Salah satu materi yang bisa Anda dapatkan secara komprehensif adalah berbicara di depan umum. Ayo, daftarkan diri Anda sekarang juga!

Leave a Reply