Public Speaking untuk Membangun Karisma

Public Speaking untuk Membangun Karisma

Apakah memiliki pribadi berkarisma itu bisa dibangun melalui public speaking? Mari simak penjelasan berikut ini.

 

Berasal dari bahasa Yunani, kata karisma mempunyai makna “hadiah.” Karisma menunjukkan daya tarik seseorang yang mendorong orang lain untuk memuja dan mengagumi sosoknya.

Kebanyakan orang menganggap karisma itu sesuatu yang terberi alias pembawaan lahir seseorang, sehingga tidak bisa dipelajari. Namun, benarkah karisma ibarat aura magis yang tidak dimiliki setiap orang?

Karisma sesederhana yakin dengan diri sendiri. Maka, karisma sebetulnya sesuatu yang dapat Anda bangun dan kembangkan melalui public speaking. Mari simak 4 langkah mudah membangun karisma berikut ini.

1.     Karisma hidup dalam zona nyaman Anda

Setiap orang memiliki karisma dalam situasi tertentu. Trik pertama adalah membiarkan karisma itu keluar ketika Anda berbicara di depan audiens. Maka, Anda perlu bersikap santai atau relaks, memegang kendali atas situasi, dan menampilkan kepribadian unik diri Anda.

2.     Temukan karisma sesuai gaya Anda

Tidak semua orang memancarkan karisma serupa, seperti kepribadian orang yang berbeda-beda. Cukup temukan cara bagaimana menampilkan karisma diri yang sesuai gaya Anda. Bisa saja Anda dikenal dengan pembawaan santai, tapi bisa berbicara lugas dan to the point. Ada pula orang yang punya gaya bicara meledak-ledak. Maka, karisma dibentuk dari bagaimana gaya Anda.

3.     Bermain karikatur dengan karisma Anda

Bangun diri Anda seperti karikatur, yaitu membesar-besarkan karisma alami saat berbicara di depan publik. Namun, tetap pertahankan sisi asli pribadi Anda. Audiens akan melihat bagaimana Anda merepresentasikan kualitas diri di hadapan mereka.

Karakteristik pribadi Anda akan membantu audiens terhubung dengan materi yang disampaikan, sehingga mereka dapat menerima dan mengingat pesan Anda dengan baik.

4.     Konsisten menampilkan karakter karismatik Anda

Membangun karisma sama seperti membentuk citra diri dan branding diri Anda. Seorang pembicara yang karismatik tidak akan takut mengembangkan gaya sendiri agar audiens dapat mengenali sosoknya dengan mudah. Lagi pula, audiens juga mengharapkan sesuatu dari sosok pembicara di hadapan mereka.

Jika Anda konsisten menampilkan karakter tersebut, audiens akan mengingat Anda sebagai seorang individu berkarisma. Mereka melihat sosok Anda dengan pembawaan tertentu secara konsisten, sehingga karisma Anda tertanam di benak mereka.

 

Pemaparan di atas menjelaskan bagaimana public speaking dapat menjadi salah satu jalan membangun karisma Anda. Masih belum yakin bisa menemukan karisma Anda? Energi Persona menawarkan program pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan soft skill dalam bentuk coaching, training, maupun workshop.

Yakinlah bahwa setiap orang punya potensi diri besar untuk berkontribusi bagi lingkungan di sekitarnya. Mengikuti program pengembangan diri menjadi salah satu cara mengawali langkah nyata ini. Tertarik?

Leave a Reply