Speak to Lead, Bagaimana Cara Melakukannya?

Speak to Lead, Bagaimana Cara Melakukannya?

Public speaking mengharuskan Anda memimpin audiens mengarungi gagasan yang dilontarkan. Begini cara melakukannya.

 

 

Public speaking memberi Anda tanggung jawab bak pemandu wisata. Audiens yang hadir menyerahkan tongkat kendali kepada Anda sebagai pembicara. Berada di sana berarti audiens siap menanti bagaimana Anda membawa mereka menjelajahi serangkaian gagasan baru yang akan disampaikan.

Bagaimana cara melakukan speak to lead seperti itu? Mari simak penjelasan berikut ini.

1.     Gunakan struktur pembicaraan yang jelas

Setiap elemen pembicaraan Anda merupakan sekumpulan informasi yang hendak disampaikan kepada audiens. Tugas seorang pembicara adalah bagaimana dapat menyampaikan tiap elemen itu secara runtut dan berujung pada suatu kesimpulan yang jelas.

Maka, perlu ada struktur dengan koneksi logis antara elemen-elemen pembicaraan Anda. Satu sama lain saling berkaitan. Struktur pembicaraan yang jelas ini membuat materi mudah disampaikan, sehingga audiens dapat mengikuti ke mana arah pembicaraan Anda.

2.     Selipkan ringkasan dan pratinjau sebagai transisi

Pembicaraan lebih hidup ketika Anda dapat menjaga antusiasme audiens di sela-sela perpindahan materi. Alih-alih hanya menyebutkan dengan gamblang apa yang akan Anda lakukan selanjutnya, coba selipkan transisi di antaranya.

Transisi ini berupa ringkasan dan pratinjau dari elemen pembicaraan Anda. Selesaikan satu bagian, mulai dengan bagian berikutnya. Nah, di antara kedua bagian itu, Anda dapat meringkas poin sebelumnya dan beri pratinjau dari poin berikut.

3.     Biarkan audiens memimpin Anda

Cara lain yang dapat Anda pakai untuk mencari tahu apakah audiens masih bisa mengikuti pembicaraan adalah dengan bertanya pada mereka. Contoh, “Apakah Anda dapat menangkap poin ini? Bagus. Sekarang kita bisa berbicara tentang ….”

Respons audiens dapat membantu Anda menyempurnakan arah pembicaraan tersebut. Kadang Anda juga bisa melihat respons audiens melalui bahasa tubuh mereka. Gunakan intuisi untuk menilai situasi apakah mereka dapat memahami maksud Anda atau belum, sehingga Anda tahu elemen pembicaraan mana yang perlu pengulangan.

 

Demikian cara melakukan speak to lead dalam memimpin audiens mengikuti pembicaraan Anda. Berlatih public speaking akan mengasah kepekaan Anda dalam mengenali respons dan kebutuhan audiens, sehingga sesi pembicaraan berlangsung sukses.

Energi Persona menyediakan program pengembangan sumber daya manusia dalam bentuk coaching, training, maupun workshop. Mengasah keterampilan berbicara di depan umum adalah salah satu materi yang bisa Anda dapatkan. Tertarik mencoba program ini?

Leave a Reply