Speak with Confidence, Bagaimana Cara Melakukannya?

Speak with Confidence, Bagaimana Cara Melakukannya?

Public speaking artinya Anda harus tampil meyakinkan di depan umum. Begini cara tepat berbicara dengan penuh percaya diri.

 

Sebagian besar orang merasa takut saat harus melakukan public speaking. Berbicara di depan umum tak jarang menjadi momok tersendiri, terutama jika Anda tidak biasa melakukannya. Bahkan, bisa berujung pada stres yang membuat tubuh Anda merespons berbeda, seperti suara bergetar, keringat dingin, atau perut mendadak sakit.

Rasa grogi saat hendak tampil di depan umum bisa terjadi pada semua orang, termasuk mereka yang sudah profesional sekalipun. Ini wajar dirasakan. Namun, satu hal yang membedakan antara Anda dan para public speaker profesional, mereka punya teknik khusus untuk meredakan rasa gugup itu.

Berikut cara tepat untuk berbicara dengan penuh percaya diri di depan umum.

1.     Rasa gugup itu normal

Pembicara terkenal seperti master of ceremony kondang pun merasa gugup sebelum mulai. Namun, jangan hilangkan kegelisahan Anda secara berlebihan. Justru Anda dapat mengubahnya menjadi energi untuk meningkatkan rasa percaya diri saat berbicara.

2.     Selalu bersiap diri

Berbicara di depan umum berarti Anda harus tahu apa yang hendak disampaikan berikutnya. Di sisi lain, Anda juga perlu tahu mengapa ingin menyampaikan hal tersebut, sehingga bisa membuat audiens yakin dengan pernyataan Anda.

3.     Praktik langsung di forum kecil

Berbicara di depan umum jelas butuh jam terbang. Anda bisa memulainya dari forum kecil seperti rapat mingguan di kantor. Utarakan gagasan atau pendapat Anda tentang pembahasan rapat adalah langkah kecil dalam menumbuhkan rasa percaya diri.

4.     Berlatih dan berlatih

Berlatih dan berlatih lagi adalah kunci membangun rasa percaya diri Anda. Jangan berusaha menghafal materi kata per kata. Bayangkan saja Anda menjelaskan atau bercerita sesuatu pada seorang teman. Ini akan membantu Anda berbicara mengalir dan runtut poin demi poin secara lugas.

5.     Fokus pada audiens

Demam panggung sering mengacaukan fokus Anda. Alih-alih berfokus pada diri sendiri, cobalah fokus pada audiens. Pastikan mereka menyimak dan mengikuti pembicaraan Anda tanpa kehilangan arah.

6.     Bertindak percaya diri

Orang tidak akan melihat betapa gugupnya Anda jika Anda tidak mengucapkannya. Maka, cobalah bertindak percaya diri dengan tersenyum, busungkan dada, dan buat kontak mata dengan audiens. Terlihat percaya diri membantu Anda menumbuhkan rasa itu secara perlahan.

Tidak sulit bukan mencoba speak with confidence dengan 6 langkah di atas? Jika Anda ingin mengasah lebih dalam keterampilan public speaking, Energi Persona menyediakan program pengembangan sumber daya manusia dalam bentuk coaching, training, maupun workshop. Berbicara di depan umum adalah salah satu materi yang bisa Anda dapatkan secara komprehensif. Yuk, segera daftarkan diri Anda!

Leave a Reply