Personal Excellence Series

TRAINING FOR TRAINER

Beberapa orang mengatakan menjadi seorang Trainer membutuhkan kemampuan berbicara saja. Pengalaman mengatakan, pendapat tersebut tidak sepenuhnya tepat. Dibutuhkan juga ketrampilan yang lain yang perlu dimiliki oleh seorang Trainer. Mengenal diri sendiri, mengenal subyek yang akan diajarkan, mengenal audiens, menjadi beberapa hal yang perlu dikuasai oleh seorang Trainer. Dengan memetakan hal-hal tersebut, kemudian melatih ketrampilan-ketrampilan yang ada di dalamnya, seorang Trainer akan efektif dalam menjalankan perannya dan berdampak dalam menyampaikan pesannya.

PUBLIC SPEAKING SKILL

Berbicara menjadi salah satu ketakutan terbesar di dunia. Banyak riset menyebutkan, seseorang lebih memilih untuk melakukan pekerjaan yang lebih berbahaya lainnya, daripada dia harus berbicara di depan orang lain. Lebih-lebih orang lain dalam jumlah banyak. Di sisi lain, ada juga orang-orang yang tidak efektif dalam berbicara.  Mereka berbusa-busa menyampaikan pesannya, tetapi tidak memberikan dampak yang signifikan bagi pendengarnya.  Melatih ketrampilan berbicara, pada akhirnya bukan saja membuat seseorang lebih menonjol di lingkungannya, tetapi juga membuat kepercayaan diri seseorang membubung lebih tinggi. Dengan memiliki kedua hal itu, mereka akan lebih mudah berkontribusi bagi lingkungannya.

PERSUASIVE SELLING SKILL

Mengapa seorang Salesman gagal melakukan closing dengan pelanggannya ? Mengapa seorang pimpinan gagal dalam menggerakkan anak buahnya ? Mengapa orang tua gagal dalam memberikan nasihat dan contoh kepada anaknya ? Sebagian besar karena kemampuan merekan yang lemah dalam menjual ide atau gagasannya. Begitu mereka lemah dalam menjual ide, mereka menjadi lemah pula dalam menjual produk atau jasanya. Persuasive Selling Skill mengajarkan banyak hal bagaimana seseorang, dengan bermodalkan kata-kata yang dimiliki, dapat menggerakkan orang lain, meminta orang lain untuk membeli produknya, dan membuat kepercayaan orang lain kepada dirinya meningkat dengan cepat.

SERVICE EXCELLENCE

Service bukan saja berbicara tentang kualitas layanan kepada orang-orang di luar organisasi atau pelanggan eksternal. Service juga berbicara tentang layanan kepada orang-orang di dalam organisasi, atau sering disebut sebagai pelanggan internal. Proses kerja selanjutnya di bagian yang lainlah layak disebut sebagai “our next customer”.  Menjalankan service excellence bukanlah menjalankan setumpuk prosedur. Menjalankan service excellence berarti menjalankan usaha untuk memenuhi, bahkan melebihi harapan para pelanggan. Artinya, sebelum melakukan proses service excellence, perusahaan butuh mengetahui secara detail hal-hal yang menjadi kebutuhan dan harapan pelanggan. Tanpa kemampuan untuk melakukan hal tersebut, service excellence menjadi hal yang sia-sia saja.

Untuk jasa pelatihan, seminar, coaching, ataupun event management yang lain, dapat hubungi